Cara Kerja PHP


PHP adalah bahasa script yang ditempelkan pada sebuah halaman website. Artinya PHP disisipkan pada halaman HTML dengan menggunakan tag HTML. Cara yang sama saat kita menyisipkan tag HTML lainnya. Kita juga bisa mengedit atau menambahkan halaman web yang mengandung PHP dengan cara yang sama saat kita mengedit halaman HTML.

PHP bekerja sama dengan Web Server. Web Server adalah Software yang akan mengirimkan halaman website ke browser. Saat kita mengetik sebuah URL (alamat sebuah website) di sebuah browser (seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Netscape, dan lain-lain), kita sedang mengirimkan sebuah pesan ke Web Server agar menampilkan sebuah file HTML. Web Server akan meresponnya dengan menampilkan file yang kita inginkan. Selanjutnya browser akan membaca file HTML tersebut dan menampilkannya kepada kita dalam bentuk halaman website. Begitu juga saat kita mengklik sebuah tombol dalam website tersebut, kita sedang mengirimkan pesan agar browser menampilkan sebuah file kepada kita.

Nah, apabila software PHP terinstall di web server, maka web server akan memerintahkan file dengan ekstension tertentu untuk memuat statemen-statemen PHP. Ekstensi file tersebut biasanya .php atau .phtml atau ekstensi lainnya. Saat Web Server mendapatkan perintah untuk menampilkan file-file dengan ekstensi tersebut, maka ia akan mengirimkan statemen-statemen HTML, tetapi sebelumnya statemen-statemen yang ada di dalam file tersebut diproses dulu oleh PHP sebelum dikirimkan ke sang pemberi perintah.
Hasil dari pemrosesan tersebutlah yang akan ditampilkan di browser. Sedangkan statemen-statemen PHP nya sama sekali tidak ditampilkan. Jadi statemen-statemen (kode) PHP nya tidak akan terbaca dan terlihat oleh pengguna (user). Misalnya kita mempunyai sebuah statemen PHP :
<?php
echo "<p>Hallo Dunia";
?>
PHP mempunyai kode pembuka <?php dan kode penutup ?>.
echo adalah perintah PHP untuk menampilkan teks. Software PHP akan memproses statemen tersebut dan menampilkan :
<p>Halo Dunia
Statemen tersebut merupakan statemen HTML biasa. Statemen HTML tersebutlah yang akan dikirimkan ke browser, kemudian browser menampilkan sebuah paragraph
Halo Dunia
Sedangkan statemen PHP tidak akan dikirimkan ke browser.
Tidak semua Web Server dapat diintegrasikan dengan PHP. Tetapi PHP dapat diintegrasikan di hamper semua Web Server. PHP adalah sebuah proyek yang dikembangkan di bawah naungan Apache Software Foundation. Karena itu PHP sangat cocok bila dipadukan dengan Apache.

Cara Kerja PHP Cara Kerja PHP Reviewed by Ainun Mahya on 11:23 PM Rating: 5

No comments:

Silakan Berkomentar dengan Bijak

Powered by Blogger.