Memilih Perusahaan Hosting

Perusahaan Hosting mempunyai semua yang kita butuhkan untuk membuat sebuah website dinamis. Yang kita lakukan hanyalah membuat file-file HTML dan memindahkannya ke hosting. Ada banyak perusahaan Hosting di dunia dengan biaya yang variatif, bahkan ada yang menawarkan gratis. Yang gratisan biasanya akan menyisipkan iklan di website yang kita buat. Saat memilih perusahaan hosting tersebut, pastikan bahwa perusahaan hosting itu mempunyai fasilitas-fasilitas sebagai berikut : 

  • PHP dan MySQL. Bila harus membayar lebih mahal untuk mendapatkan fasilitas tersebut seharusnya tidak menjadi masalah buat kita. Beberapa perusahaan hosting malah menetapkan biaya tambahan untuk MySQL databasenya. Dan pastikan bahwa software PHP nya adalah versi terbaru. Saat ini software PHP sudah mencapai versi 6. 
  • Handal. Kita membutuhkan hosting yang dapat diandalkan, dapat dipercaya dan terbukti telah dipakai oleh banyak pengguna. Kita bisa mendapatkan informasi tentang sebuah layanan hosting melalui hosting-hosting review yang ada di internet. 
  • Kecepatan. Website yang membutuhkan waktu lama untuk mengaksesnya akan membuat pengunjung website kita tidak sabar dan segera beranjak pergi. Sesuatu yang akan sangat merugikan kita. Biasanya hal tersebut karena perusahaan tersebut mempunyai peralatan yang kurang memadai untuk sebuah perusahaan hosting. 
  • Technical Support. Saat kita mulai membuat sebuah website di sebuah perusahaan hosting kadang kala masalah muncul. Nah, jika perusahaan hosting tersebut mempunyai staff technical support yang bagus, kendala yang kita hadapi dapat langsung ditanyakan atau ditangani. Jika Technical Support tersebut buruk maka masalah yang terjadi akan berlarut-larut. 
  • Backups. Backups adalah salinan dari file-file dan database website kita. Hal itu akan sangat berguna manakala suatu saat Karena sebuah sebab file-file tersebut atau database kita lenyap tak berbekas. Kita bisa menanyakan ke perusahaan hosting bagaimana mereka melakukan aktivitas backups tersebut, apakah mereka melakukan backups secara berkala terhadap data-data yang kita punya? 
  • Fitur. Fitur-fitur tambahan yang sangat berguna buat kita di antaranya : 
  1. Besar ruang penyimpanan (Disk Space). Berapa banyak ruang yang kita butuhkan untuk membuat sebuah website 
  2. Data Transfer. Beberapa perusahaan hosting akan menetapkan biaya tambahan untuk hal ini. Jadi bila nantinya traffic dari website kita tinggi, maka item ini perlu kita perhatikan 
  3. Alamat email. Apakah perusahaan hosting tersebut menyediakan alamat email khusus dalam paket hosting atau domainnya. Misalnya nama domain kita www.websitekita.com maka perusahaan tersebut akan memberikan kita email dengan ekstension nama website kita tersebut. Misalnya alamat kita nantinya email@websitekita.com  
  4. Software. Selain software-software utama seperti PHP dan MySQL perusahaan hosting juga akan menyediakan software pendukung yang akan mempermudah kita dalam membuat dan memanajemen sebuah website, misalnya auto installer softaculous, FrontPage extension, dan lain-lain. 
  5. Statistik. Statistik data pengunjung, data download dan lain-lain. Statistik ini nantinya akan sangat berguna tergantung pada tujuan kita membuat sebuah website.
Memilih Perusahaan Hosting Memilih Perusahaan Hosting Reviewed by Ainun Mahya on 11:39 PM Rating: 5

No comments:

Silakan Berkomentar dengan Bijak

Powered by Blogger.