Audrey Hepburn : Bintang Hollywood dengan Pesona Alami Yang Memukau

Seri biografi kali ini sangat spesial karena berkenaan dengan ulang tahun Audrey Hepburn. MetaNews berusaha menyajikannya dalam bentuk yang spesial pula.

foto Audrey Hepburn
AUDREY HEPBURN

The Real Audrey

Karier betul-betul masih sebuah misteri bagiku. Sejak pertama, selalu menyajikan banyak kejutan. Saya tidak berangan-angan untuk menjadi seorang aktris. Saya tidak pernah berpikir suatu saat akan bermain film. Dan segala yang terjadi betul-betul di luar perkiraanku. 

Cerita tentang Audrey Hepburn diawali dengan seorang gadis kecil yang berjuang dengan kekejaman dan akibat dari perang dunia ke 2 dan seperti layaknya orang-orang yang tak pernah bisa melupakan "rasa" kemerdekaan pertama kali.

Perang telah membuat impian masa kecilnya untuk menjadi seorang ballerina tidak tercapai. Walaupun demikian, Audrey berhasil mengganti impiannya yang hilang itu dengan sesuatu yang tidak kalah berharganya, dan tiba-tiba mendapati dirinya bermain dalam sebuah film.

Tiga tahun kemudian, seluruh dunia telah mengenal Audrey Hepburn sebagai Putri Ann dalam film Roman Holiday.

Bermain dalam 25 film, Audrey telah menempatkan dirinya dalam posisi yang jarang diraih oleh aktris manapun sebagai aktris yang selalu dicintai dan dikenang dan sebagai ikon busana.




Tetapi, bagi Audrey, peran yang paling penting baginya adalah saat menjadi Duta Besar UNICEF International. Di situlah kita betul-betul mengenal dan mengagumi kecantikan Audrey dan memberikan penghargaan yang pantas sebagai aktris dan sebagai humanis.


 

Klik untuk Memperbesar

Keluarga Audrey

Kecerdasan, sensitivitas dan sifat kemanusiaan Audrey adalah bakat yang diwariskan oleh leluhurnya. Dari garis ayah, neneknya, Julianna Franziska Karolina Ruston dan kakeknya Victor John George Ruston tinggal di Bohemis, Republik Cekoslowakia, merupakan darah campuran antara Inggris, Skotlandia, Irlandia, Perancis dan Austria.
Sedangkan dari garis ibu, kakek nenek Audrey adalah Baroness Elbrig van Asbeck dan Baron Aernoud Van Heemstra berasal dari Belanda, Hungaria dan Perancis dan mengabdi pada Ratu Wilhemina.

Masa Kecil Audrey Hepburn

Audrey lahir pada tanggal 4 Mei 1929, di Brussel, Belgia. Pada usia 5 tahun Audrey belajar di sekolah asrama di Inggris, untuk pertama kalinya Audrey berpisah dengan keluarga. Di sana, Audrey juga belajar menari ballet. Pada tahun 1939, saat Inggris mengumumkan perang dengan Jerman, Ella (ibunda Audrey) mengirimnya ke Belanda. Pada tanggal 4 Mei 1940, Jerman menguasai Belanda, dan masa kecil Audrey berubah total

 

  

Klik untuk memperbesar

Tinggal di Belanda

Pada saat Jerman menginvasi Belanda, saudara tiri Audrey (anak Ella dari perkawinan sebelumnya), Alexander ikut pergeraka bawah tanah dan Ian, usia 19 tahun, diculik oleh pasukan Jerman. Selama masa perang trsebut Ella dan Audrey tidak tahu apakah mereka masih hidup atau sudah mati.
Ella berusaha tetap menyemangati Audrey dan mendaftarkannya di sekolah ballet di Arnherm Conservatory .

Pada musim gugur 1944, import bahan makanan ke Belanda dihentikan dan "musim semi kelaparan" menanti. Audrey, terlalu lemah untuk menari dan hanya bermain puzzle dengan cahaya lentera dan menggambar di lain waktu.

 

  

Klik untuk memperbesar

Dari Belanda ke Inggris

Pada tanggal 4 Mei 1945, Belanda memperoleh kemerdekaan, bertepatan dengan ulang tahun Audrey yang ke-16. Akibat perang, kondisi Audrey sangat buruk akibat asma, malnutrition, dan anemia. Pengalaman pahit tersebut justru membuat Audrey mulai menata kembali mimpinya yang terlindas. Saudara tiri Audrey, Ian pulang, dan ternyata selama perang ia bekerja di pabrik amunisi. Sedangkan Alexander, mengejutkan banyak orang, dia pulang dengan menggandeng istri yang sedang hamil.

Sekarang saatnya bagi Audrey dan Ella untuk memikirkan hidup baru mereka. Dengan rekomendasi guru ballet Audrey, Winja Maranova, mereka meninggalkan Belanda ke Inggris. Audrey diterima menjadi murid Sonia Gaskell di The Balletstudio 45.

Audrey belajar ballet, jazz dan koreografi di sana selama 3 tahun, sampai studio tersebut tutup pada tahun 1948. Audrey kemudian belajar ballet pada Marie Rambert, yang telah melatih penari nomor satu dunia Nijinsky. Ella dan Audrey merasa yakin bahwa impian Audrey untuk menjadi penari ballet akan segera tercapai.

Kelas Kabaret

Tapi malang tak dapat disangkal memang. Karena kondisi fisik Audrey akibat perang, tak memungkinkannya untuk menjadi penari ballet.

Audrey sangat kecewa dengan kenyataan itu tetapi ia berusaha agar kemampuan yang ia dapatkan bisa digunakan. Pada akhir tahun 1948, Audrey mendapatkan solusi. Ia mengikuti kasting kabaret Jerome Robbins, untuk koreografi pertunjukkan kabaret, High Button Shoes.

Audrey terus belajar menari di kelompok paduan suara hingga ia mendapatkan peran penting di Sauce Piquante. Ia bermain di 12 pertunjukkan selama satu minggu sambil terus mengejar karier modelling, mengikuti kelas diksi. "Saya bekerja seperti orang idiot," katanya suatu kali.

Film Broadway

Sebelum akhir tahun 1951, Audrey telah mengikuti 5 kasting film : One Wild Oat, Young Wives's Tales, Laughter in Paradise, The Lavender Hill Mob dan Secret People.

Audrey juga ditawari untuk bermain di peran-peran kecil  di film bahasa Inggris dan Perancis, Monte Carlo Baby.


Bersambung
Audrey Hepburn : Bintang Hollywood dengan Pesona Alami Yang Memukau Audrey Hepburn : Bintang Hollywood dengan Pesona Alami Yang Memukau Reviewed by Ainun Mahya on 9:16 PM Rating: 5

No comments:

Silakan Berkomentar dengan Bijak

Powered by Blogger.