Dorothy Hodgkin : Penemu Insulin

Dorothy Hodgkin
Dorothy Mary Crowfoot lahir 12 Mei 1910 di Kairo dari pasangan ayah John Winter Crowfoot, seorang arkeolog dan Grace Mary Crowfoot, seorang arkeolog dan ahli tekstil Mesir. Dia tinggal di lingkungan ekspatriate Inggris di Mesir, pulang kampung ke Inggris setiap beberapa bulan sekali.

Suatu hari selama tinggal di Mesir, pecahlah Perang Dunia I. Crowfoot harus kehilangan empat saudaranya karena perang tersebut. Crowfoot kemudian tinggal di Inggris di bawah asuhan kerabatnya, sementara orang tuanya tetap di Mesir. Setelah perang berakhir, ibunya kembali ke Inggris selama satu tahun. Masa-masa itu dikenangnya sebagai masa paling bahagia dalam hidupnya.

Pada tahun 1921, Crowfoot masuk ke Sir John Lemans Grammar School di Beccles. Selama tinggal di Inggris, Crowfoot hanya sekali mengunjungi orang tuanya di Mesir yang akhirnya pindah lagi ke Khartoum. Orang tuanya selalu pulang mengunjungi Crowfoot setahun sekali saat musim panas.

google doodle dorothy hodgkin
GOOGLE DOODLE DOROTHY HODGKIN

Crowfoot mulai tertarik dengan kimia sejak muda. Ibunya secara khusus menginginkan Crowfoot mendalami science secara umum. Selama menempuh pendidikan di sekolah negeri, Crowfoot tidak pernah mempelajari ilmu latin dan science secara khusus, tetapi dia mengambil privat untuk ujian masuk ke Universitas Oxford. Pada usia 18 tahun, dia mulai mempelajari Ilmu Kimia di Somerville College, Universitas Oxford.

Kemudian dia meraih gelar Ph.D di Universitas Cambridge di bawah bimbingan John Desmond Bernal. Pada saat itu dia mulai tertarik pada X-ray Crystallography untuk menentukan struktur dari protein. Crowfoot dan Desmond kemudian bekerja sama menganalisa pepsin.

Pada tahun 1933, Crowfoot diberi beasiswa penelitian oleh Somerville College. Pada tahun 1934, dia pindah ke Oxford dan menjadi dosen hingga tahun 1977. Sekitar tahun 1940an, ada salah satu mahasiswanya bernama Margareth Roberts. yang di kemudian hari menjadi perdana menteri Inggris, Margareth Thatcher.

Salah satu penemuan terbesar Crowfoot adalah insulin dan arti pentingnya bagi penderita diabetes.
  
Dorothy Hodgkin : Penemu Insulin Dorothy Hodgkin : Penemu Insulin Reviewed by Ainun Mahya on 3:57 PM Rating: 5

No comments:

Silakan Berkomentar dengan Bijak

Powered by Blogger.