Jika Anak Malas ke Sekolah

Jika Anak Malas ke Sekolah
Jika Anak Malas ke Sekolah

Setiap hari, 1 dari 4 anak (menurut survey) menolak berangkat sekolah. Kadang kala ada yang menyebutnya sebagai "school phobia". Alasan perilaku ini bermacam-macam dari mulai takut mengikuti ujian atau sakit ringan yang jarang disadari oleh orang tua.

Karena kebanyakan anak masih belum "cakap" dalam mengutarakan alasan mereka menolak pergi sekolah ada baiknya bagi orang tua untuk lebih seksama mendengarkan alasan anak merasa seperti itu.

Perlu dicermati juga bagi orang tua, bahwa apakah hal ini hanya berlangsung sesekali atau memang sudah merupakan perilaku anak yang kerap kali menolak pergi sekolah.
Jika memang itu menjadi kebiasaan anak, maka perlu dicari sebuah solusi agar kebiasaan tersebut berubah. Namun jika anak anda tiba-tiba menolak untuk pergi sekolah tentu saja ada sesuatu yang terjadi di sekolah dan anda perlu menari tahu. Beberapa hal yang kerap membuat anak menolak pergi sekolah antara lain bullying (diejek teman-temannya), atau hal-hal lain yang mempengaruhi psikologi anak.

Beberapa hal yang musti anda lakukan bila anak anda menolak pergi sekolah

  • Cari tahu apa yang terjadi di sekolah
  • Berkoordinasi dengan pihak sekolah
  • Buat sekolah lebih menyenangkan dari pada di rumah. Apabila anda mengijinkan anak anda bermain video game pada saat jam sekolah maka itu artinya anda sudah membuat di rumah lebih menyenangkan dari pada di sekolah.
Jika Anak Malas ke Sekolah Jika Anak Malas ke Sekolah Reviewed by Ainun Mahya on 10:03 PM Rating: 5

No comments:

Silakan Berkomentar dengan Bijak

Powered by Blogger.