Mengenal Ciri Khusus Pada Tumbuhan

Tumbuhan juga unik. Ada yang bentuknya indah ada pula yang bentuknya aneh. Semuanya tergantung pada tempat hidup dan kondisi lingkungan tumbuhan tersebut tumbuh. Tumbuhan juga beradaptasi agar bisa bertahan hidup.
Beberapa ciri khusu pada tumbuhan

1. Kaktus

Mengenal Ciri Khusus Pada Tumbuhan
Tanaman Kaktus

Tumbuhan berduri. Awas nanti kena durinya!!
Kaktus dikelompokkan dalam tumbuhan xerofit.
Kaktus memiliki daun yang berbentuk duri. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penguapan dari dalam tubuhnya. Nah, untuk fotosintesis kaktus melakukannya di batang. Batang kaktus memiliki klorofil. Batangnya juga besar dan menggelembung, karena menyimpan cadangan air.

2. Teratai

Mengenal Ciri Khusus Pada Tumbuhan
Teratai

Bunga teratai indah, khan? Karena itu bunga teratai sering dijadikan hiasan. Teratai berdaun lebar dan tipis, tujuannya untuk memperbesar penguapan dari dalam tubuhnya. Kandungan air yang terlalu banyak dibuang melalui penguapan ini, supaya tidak busuk walaupun hidup di air. Daun yang lebar juga berfungsi agar teratai dapat terapung di atas air.
Batang teratai berongga, berfungsi sebagai jalan keluarnya udara. Batang dan akar teratai berada di dalam air dengan akar yang menambatkan diri dengan kuat di dalam lumpur di dasar air, sehingga teratai dapat menahan diri dari hempasan arus air.

3. Kantung Semar

Mengenal Ciri Khusus Pada Tumbuhan

Ini tumbuhan buas!! Hah! Kok ada tumbuhan buas ya? Ya, Kantung Semar memakan serangga. Bagian bunga Kantung Semar mengeluarkan madu untuk menarik perhatian serangga, salah satu daunnya juga berubah bentuk menjadi kantung dengan warna yang mencolok untuk menarik perhatian serangga hinggap. Serangga yang ditangkap akan dicerna oleh kantung semar untuk memenuhi kebutuhan oksigennya.


Mengenal Ciri Khusus Pada Tumbuhan Mengenal Ciri Khusus Pada Tumbuhan Reviewed by Ainun Mahya on 6:21 PM Rating: 5

No comments:

Silakan Berkomentar dengan Bijak

Powered by Blogger.