40 Tahun Yang Lalu Muhammad Ali Menemukan Gaya Rope-A-Dope

Tanggal 30 Oktober, 40 tahun yang lalu terjadi pertandingan tinju terbesar abad 20 di Zaire ketika Juara Dunia kelas berat George Foreman dipermalukan oleh mantan juara kelas berat Muhammad Ali.

Sebelumnya, Gelar juara Muhammad Ali dicopot pada tahun 1967 saat dia menolak mengikuti wajib militer dan masuk angkatan bersenjata US. Lisensi bertinjunya diskors selama 3 tahun, dan saat dia kembali bertinju, juara dunia bertahan dipegang oleh Joe Frazier. Ali memulai debutnya dengan melawan Joe Frazier pada tahun 1971 dan kalah angka. Namun 3 tahun kemudian, saat menghadapai George Foreman, dia dikanvaskan sebanyak 6 kali dalam 2 ronde sebelum pertandingan akhirnya dihentikan. George Foreman muda menjadi juara baru.

Pada tahun 1974, promoter tinju Don King berhasil meyakinkan Ali dan Foreman untuk bertanding dengan mengusahakan dana sebesar $ 5 juta. Don King tidak punya uang sebanyak itu. Saat kedua petinju menandatangani pertandingan, King harus mencari negara lain dan sponsor untuk pertandingan. Presiden Zaire, Mobutu Sese Seko bersedia sebagai tuan rumah dan istilah Rumble in the Jungle akhirnya lahir.

Pertandingan itu sendiri dikenang sebagai pertandingan yang menerapkan strategy "rope-a-dope" oleh Ali pertama kalinya. Rope-a-dope adalah sebuah strategi bertinju yang berpura-pura seakan-akan terjebak di tali ring memaksa lawan untuk mengeluarkan pukulan-pukulan yang tidak efektif hingga kehabisan tenaga. Ali yang diperkirakan akan segera kalah dalam pertandingan tersebut, tiba-tiba menyerang dan mengalahkan sang juara. Pertandingan dihentikan pada ronde 8, saat Foreman terjatuh di kanvas.

muhammad ali

muhammad ali

muhammad ali


muhammad ali

muhammad ali

muhammad ali

muhammad ali

muhammad ali

muhammad ali

muhammad ali

muhammad ali

muhammad ali

muhammad ali

muhammad ali

muhammad ali

muhammad ali

muhammad ali


muhammad ali

Gambar : AFP/AFP/Getty Images
40 Tahun Yang Lalu Muhammad Ali Menemukan Gaya Rope-A-Dope 40 Tahun Yang Lalu Muhammad Ali Menemukan Gaya Rope-A-Dope Reviewed by Ainun Mahya on 8:42 PM Rating: 5

No comments:

Silakan Berkomentar dengan Bijak

Powered by Blogger.